Laman

Kamis, 26 Januari 2012

Manajemen Sistem Informasi

Manajemen Sistem Informasi (MSI) berasal dari kata Management of Information System yang lazim disingkat MIS. Manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia, material, dan metode (3M: Men, MAterial, Method) berdasarkan fungsi-fungsi manajemen agar tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif. Fungsi-fungsi manajemen disebutkan dengan jumlah dan istilah yang bervariasi oleh masing-masing pakar manajemen yaitu Fayol, Terry, Gullick, Siagian, dan sebagainya.

Secara operasional manajemen dapat diartikan sebagai pelaksanaan fungsi-fungsi unit-unit dalam organisasi untuk merencanakan, menganggarkan, mengorganisasikan, mengarahkan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pekerjaan unit masing-masing untuk mencapai tujuan keseluruhan organisasi secara efisien dan efektif. Manajemen juga berarti sebagai kelompok pimpinan dalam organisasi. Manajemen (management) adalah pekerjaan yang dikerjakan oleh manajer (manager). Disebutkan bahwa pekerjaan manajer bersifat manajerial (managerial), di camping itu manajerial juga dapat diartikan sebagai pimpinan. Ada tiga tingkat (level) manajemen yaitu: (1) manajemen lini atas, (2) manajemen lini tengah, dan (3) manajemen lini bawah.

Informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu. Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam berktuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media (contohnya komputer). Misalnya, ada fakta bahwa seseorang nasabah menabung di bank, datanya ada pada slip tabungan atau rekaman komputer. Bila semua data uang tabungan yang ada dalam periode tertentu dijumlahkan (diolah), maka jumlah hasilnya disebut informasi. Pekerjaan informasi adalah pekerjaan yang meliputi pengumpulan data, penyebaran data dengan meneruskannya ke unit lain, atau langsung diolah menjadi informasi, kemudian informasi tersebut diteruskan ke unit lain.

Pada unit kerja yang baru informasi tadi dapat langsung digunakan, atau dapat juga dianggap sebagai data (baru) untuk diolah lagi menjadi informasi sesuai keperluan unit bersangkutan. Informasi tersebut, bila perlu atau sesuai prosedur, dapat diteruskan lagi ke unit lain. Semua pekerjaan data dan informasi tersebut dewasa ini sudah dikerjakan dengan bantuan komputer, sedangkan pengumpulan data dan informasi serta penyebaran atau pendistribusiannya sudah dilakukan dengan alat telekomunikasi. Gabungan alat pengolah data komputer dengan alat komunikasi telah menghasilkan peralatan kantor yang canggih dalam bentuk jaringan informasi. Dengan demikian, pekerjaan data dan informasi baik untuk keperluan manajemen organisasi maupun untuk keperluan pelayanan masyarakat konsumen telah berkembang dengan pesat.

20 komentar:

  1. agar sumber daya manusia meningkat diperlukannya kesadaran dari manusia itu sendiri

    BalasHapus
  2. informasi sangat di butuhkan dalam suatu manajemen itu sendiri .

    BalasHapus
  3. kadang informasi itu perlu di menej,
    untuk mendapatkan informasi yg baik,

    BalasHapus
  4. informasi itu sendiri sangatlah penting dalam manjemen

    BalasHapus
  5. informasi sangat dibutuhkan dalam manajemen

    BalasHapus
  6. informasi yang baik, akurat dan tepat sangat dibutuhkan dalam manajemen agar tidak terjadi kesalahan dalam manajemen itu sendiri

    BalasHapus
  7. dengan adanya informasi manajemen akan berjalan dengan lanjar den lebih efektif pengerjaan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi yang jelas dan tepat sesuai sasaran yang sangat dibutuhkan dalam memenej perusahaan

      Hapus
  8. dengan adanya informasi ini bisa menjadi perusahaan yang berkembang pesat

    BalasHapus
  9. manajemen sistem informasi ini merupakan bagian dari suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. :)

    BalasHapus
  10. fungsi penting dari manajemen sistem informasi itu apa ya ?

    BalasHapus
  11. memang benar, manajemen menyangkup hal global, bukan hanya 1, 2 hal saja...

    BalasHapus
  12. Manajaemen informasi, bagian dari usaha yang berperan penting dalam mencari informasi2..

    BalasHapus
  13. informasi nya sangat penting daLam manejemen ....

    BalasHapus
  14. intinya informasi sangat dibutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget , agar tidak terjadinya lesuh dalam suatu perusahaan dagang maupun perkantoran

      Hapus
  15. informasi dibutuhkan dalam manajemen untuk mengetahui hal yang berkaitan dalam persaingan

    BalasHapus
  16. informasi manajemen berfungsi untuk menganalisis keselahan sebuah perusahaan

    BalasHapus
  17. Secara operasional manajemen dapat diartikan sebagai pelaksanaan fungsi-fungsi unit-unit dalam organisasi untuk merencanakan, menganggarkan, mengorganisasikan, mengarahkan, melaksanakan,mengawasi dan mengevaluasi pekerjaan unit masing-masing untuk mencapai tujuan keseluruhan organisasi secara efisien dan efektif.

    BalasHapus
  18. bagaimana pun informasi tersebut sangatlah diperlukan untuk menunjang sebuah perusahaan tersebut sukses atau tidaknya

    BalasHapus